Home / Liputan

Wednesday, 18 August 2021 - 18:35 WIB

3 Opsi Posisi Lionel Messi Jelang Debut di PSG

11pemain.com – Lionel Messi bakal bersiap memulai debut di Paris Saint-Germain (PSG). Messi punya tiga opsi posisi yang bisa ia tempati jelang debut bersama PSG.

Kehadiran Messi menambah kedalaman dan kualitas lini serang PSG. Sebelum Messi hadir, PSG sudah punya Neymar, Kylian Mbappe, Angel Di Maria, hingga Mauro Icardi.

Baca juga : Jadwal Liga Champions, Kamis 19 Agustus 2021 Dini Hari WIB: Benfica vs PSV Eindhoven

Tanpa Messi pun, sektor penyerangan PSG sudah jadi salah satu yang paling mematikan dalam beberapa musim terakhir.

Kini kehadiran Messi bakal makin memperkaya alternatif formasi di lini depan. Posisi Messi tentu bergantung pada rekan-rekan yang dipilih oleh Mauricio Pochettino di lini depan.

Sejak  resmi diperkenalkan sebagai pemain baru PSG, Messi sudah menegaskan tekadnya untuk segera mungkin berada dalam kondisi siap bertanding. Sikap Messi yang tetap menjaga kebugarannya selama masa liburan membuat ‘Messiah’ diyakini tak akan butuh waktu lama untuk mencapai kondisi siap bermain.

Setelah hanya jadi penonton di laga lawan Strasbourg, Messi disebut punya kemungkinan turun di laga lawan Brest, Jumat (20/8).

Baca Juga :  Proses Naturalisasi Disetujui, Marc Klok Siap Bela Timnas Indonesia

Berikut tiga opsi posisi Messi jelang debut di PSG:

1. Penyerang Kanan

Posisi sebagai penyerang kanan dalam formasi 4-3-3 adalah posisi favorit Messi di Barcelona.

Posisi tersebut adalah posisi yang paling dikuasai dan sudah benar-benar dihafal oleh Messi. Dengan kekuatan dominan kaki kiri, tusukan Messi ke depan kotak penalti akan selalu jadi ancaman bahaya bagi lini pertahanan lawan.

Messi juga piawai melepaskan umpan terobosan dan juga umpan lambung ke tiang jauh dari posisi ini. Kolaborasi Messi dan Neymar di kedua sisi serangan bisa jadi ancaman nyata untuk lawan.

Bila Messi ditempatkan sebagai penyerang kanan, posisi penyerang tengah akan jadi milik Kylian Mbappe atau Mauro Icardi.

2. Penyerang Tengah

Dengan menimbang usia Messi yang sudah berumur, Messi bisa ditempatkan sebagai penyerang tengah dalam formasi 4-3-3. Dengan demikian, sektor penyerang sayap bisa diberikan pada Neymar, Kylian Mbappe atau Angel Di Maria.

Hal tersebut bakal membuat Messi bisa lebih menghemat tenaga dan fokus mengobrak-abrik pertahanan lawan dari jarak dekat.

Baca Juga :  Bagus Kahfi: Kembali ke Indonesia demi Restu Main di Belanda

Messi juga bisa berperan sebagai false nine dalam formasi 4-3-3 bila ia ditempatkan sebagai penyerang tengah.

Pertukaran posisi Messi dengan Neymar dan Mbappe bakal membuat lini pertahanan lawan akan makin kocar-kacir dan kebingungan.

3. Second Striker

PSG juga bisa menerapkan formasi 4-2-1-3 bila ingin menjadikan Lionel Messi sebagai second striker sekaligus mempertajam lini serang mereka.

Dengan Messi agak mundur sebagai second striker, Mauro Icardi atau Angel Di Maria bisa ikut bermain bersama Neymar dan Kylian Mbappe di lini depan.

Peran sebagai second striker pernah dimainkan Messi di timnas Argentina. Dengan peran sebagai second striker, Messi bisa bergerak bebas di belakang striker utama.

Messi bisa mengatur distribusi bola ke kedua sisi lapangan, bekerja sama dengan striker, sekaligus menerobos sendiri kotak penalti lewat aksi individu.

Namun bila memainkan formasi Messi sebagai second striker, dua gelandang bertahan PSG harus benar-benar bisa menjaga keseimbangan tim agar tak mudah goyah saat kehilangan bola dan diancam serangan balik.

Share :

Baca Juga

Liputan

Lihat Messi Rebahan di PSG, Bikin Miris atau Salut?

Liputan

Southampton vs Man City: Tamu Payah di Laga Tandang

Liputan

Hasil Liga Inggris: Perkenalkan Spesialis Baru Tim 7 Gol Leeds United

Liputan

Jadwal Liga Champions, Kamis 19 Agustus 2021 Dini Hari WIB: Benfica vs PSV Eindhoven

Liputan

Arsenal Resmi Lepas Martinez, Tak Halangi Transfernya ke Aston Villa

Liputan

Sebuah Anomali di Balik Kehancuran Liverpool oleh Arsenal di Anfield

Liputan

Pelatih Leeds Kritik Aturan Penonton di Stadion Liga Inggris

Liputan

Liverpool Dapat Desakan Segera Boyong Eks Penyerang MU