Home / Liputan

Friday, 6 August 2021 - 22:43 WIB

Barcelona Beberkan Kronologi Kegagalan Perpanjangan Kontrak Lionel Messi: Mentok di La Liga

11pemain.com – Presiden Barcelona, Joan Laporta, menarangkan secara langsung kegagalan timnya mengontrak kembali Lionel Messi. Ia melaporkan Barca kandas memperpanjang kontrak La Pulga sebab permasalahan finansial.

Lionel Messi yang menghabiskan segala karier profesionalnya di Barcelona, formal tidak jadi pemain El Blaugrana semenjak 1 Juli 2021. Sebab kontraknya telah habis di klub La Liga tersebut.

Baca juga : Liga Inggris: Manchester City dan PSG Bersaing Ketat Dapatkan Lionel Messi

Barcelona awal mulanya dilaporkan hendak mengumumkan perpanjangan kontrak Messi, Kamis (5/8/2021). Tetapi, yang terjalin malah kebalikannya.

El Blaugrana secara mengejutkan mengumumkan kandas mendaftarkan si pemain sebab gajinya yang sangat besar. Barca terbentur ketentuan Financial Fair Play dari La Liga.

Laporta menegaskan Messi sesungguhnya telah setuju bertahan di Barcelona. “Leo mau bertahan di Barca, kami pula menginginkan dia bertahan,” ucap Laporta yang dilansir AS, Jumat (6/8/2021).

Bagi Laporta, Barcelona telah lama menegosiasikan kontrak baru Lionel Messi. Namun, kala mereka telah menggapai konvensi, La Liga tidak merestui kontrak itu.

“Kami telah bernegosiasi dengan ia sepanjang 2 bulan, serta kami telah melewati sebagian fase. Awal kali kami menyepakati kontrak 2 tahun, kemudian kami menyepakati kontrak 5 tahun,” ucap Laporta.

Baca Juga :  Fakta Unik Kepindahan Suarez ke Atletico

“Kami seluruh memperhitungkan kontrak 2 tahun merupakan kontrak yang sempurna. Bila dia mau bertahan lebih lama kami dapat duduk lagi serta menegosiasikan perihal ini,” imbuhnya.

Beban Keuangan Sangat Berat

Laporta menyebut grupnya telah mau mendaftarkan Messi ke La Liga. Tetapi nyatanya kontrak baru Messi lebih besar dari salary cap yang mereka miliki.

“Di La Liga, kami wajib mematuhi ketentuan yang terdapat. Kami berharap mereka dapat lebih fleksibel dalam ketentuan ini, tetapi sayangnya tidak dapat begitu,” urai Laporta.

“Perkaranya beban pendapatan kami besarnya 110% dari jumlah pendapatan kami. Jadi kami tidak memiliki ruang buat menaikkan pendapatan dari regu, sebab peraturan La Liga ini bersumber pada dari ketentuan Financial Fair Play.”

Bagi Laporta, La Liga pernah menawarkan suatu opsi supaya Messi dapat bertahan. Tetapi dia memperhitungkan opsi yang dimohon La Liga itu sangat berisiko buat keberlangsungan Barca.

“Kala kami mengambil alih klub ini, kami ketahui kalau klub ini lagi merugi. Tetapi realitasnya kerugian yang terjalin jauh lebih besar daripada yang kami perkirakan,” ucap Laporta.

Baca Juga :  Memohon Tak Dijual, Samuel Umtiti Sampai Menangis di Hadapan Presiden Barcelona

“Pengeluaran kami nyatanya jauh lebih besar dari ditaksir dini serta inilah kenapa kontrak yang kami sepakati bersama Messi tidak penuhi ketentuan ini.”

“Bila kami memforsir kontrak ini, Barca wajib membenarkan kalau kontrak ini hendak mempengaruhi hak siar Barca buat 50 tahun ke depan. Perkaranya kami tidak dapat membuat keputusan yang mempengaruhi masa depan klub buat 50 tahun ke depan.”

Doakan Yang Terbaik

Laporta mengaku sangat menyesal dengan keadaan ini. Tetapi dia cuma dapat mendoakan yang terbaik buat Messi.

“Leo mau bertahan jadi dia tidak senang dengan suasana ini. Tetapi dia mengalami realita yang tidak dapat berganti, serta kami cuma dapat mendoakan yang terbaik ke manapun dia berangkat, sebab Barca merupakan rumahnya,” ucapnya.

“Aku mau bersama Leo hari ini, tetapi realitasnya tidak semacam itu. Saat ini situasinya serba tidak gampang. Saat ini kami wajib mempersiapkan masa sehabis Messi,” sambung Laporta.

Bagi rumor yang tersebar telah terdapat sebagian klub yang tengah berupaya mendatangkan Messi. Salah satu yang dikenal telah bergerak merupakan klub tajir Prancis, PSG.

Share :

Baca Juga

Liputan

Bukti Angka Dominasi Cristiano Ronaldo, Manchester United Haram Terpeleset di Liga Inggris

Liputan

Frustrasi Karena Tertinggal, Messi Jotos Lawan
Chelsea ditahan imbang 3-3 saat menjamu Southampton dalam pekan 5 Liga Inggris 2020/21, Sabtu (17/10) malam WIB. Jannik Vestergaard gagal kemenangan The Blues.

Liputan

Chelsea Vs Southampton: Vestergaad Gagalkan Kemenangan The Blues

Liputan

Ngeri! Chelsea Mau Duetkan Romelu Lukaku dan Erling Haaland di 2022

Liputan

Marseille Konfirmasi Tiga Kasus Positif Covid-19, Ligue 1 20/21 Ditunda

Liputan

Belanda Kurang Greget, Untung Ada Frenkie De Jong

Liputan

Pesta Gol di Kandang Real Sociedad, Barcelona Gusur El Real dan Messi Cetak Rekor

Liputan

PSG Lawan Sulit, Koeman Khawatir Duet Neymar dan Mbappe