Home / Liputan

Tuesday, 27 October 2020 - 06:21 WIB

Bek Kanan Terbaik dalam Sejarah Premier League, Ada Legenda Arsenal

Seiring berjalannya waktu, sepak bola modern memang merubah gaya bermain, salah satunya pemain yang berposisi sebagai bek sayap. Mereka tidak hanya dituntut untuk solid dalam bertahan, tetapi juga diharuskan untuk bisa membantu serangan yang bervariasi.

Selain itu, bek sayap juga dituntut untuk memiliki kelebihan dalam kecepatan berlari, memberikan assist, dan bahkan mencetak gol.Premier League menjadi salah satu kompetisi yang cukup banyak diisi bek sayap berbakat.

Baca juga : Hasil Liga Inggris: Son Antar Tottenham Kalahkan Burnley

Sejak tahun 1992, liga ini telah berhasil memunculkan bakat-bakat terbaik di posisi bek kanan. Bahkan tidak sedikit yang menjadi kunci sukses dalam kehebatan tim.

Berikut ini lima bek kanan terbaik dalam sejarah Premier League.

1. Gary Neville

Gary Neville merupakan bek kanan terbaik yang pernah dimiliki Manchester United. Sepanjang kariernya, ia hanya bermain sepak bola untuk Manchester United dan menghabiskan total 17 tahun. Permainannya yang konsisten membuat sang pemain diidolai banyak penggemar sepak bola.

Soal raihan trofi, pemain satu ini tak perlu diperdebatkan lagi. Ia telah memenangi puluhan gelar bersama Manchester United. Dari 598 pertandingan di semua kompetisi, Neville mampu menciptakan 7 gol dan 47 assist. Karena kontribusinya itu, tidak mengherankan jika ia dijuluki sebagai legenda Manchester United.

2. Branislav Ivanovic

Meski sudah berusia 36 tahun, Branislav Ivanovic masih bermain aktif di Premier League. Ia saat ini membela West Brom setelah didatangkan gratis dari klub Rusia, Zenit St. Petersburg. Namun sebelum membela West Brom, pemain asal Serbia ini pernah bermain apik bersama Chelsea selama 9 tahun, dari 2008 hingga 2017.

Baca Juga :  Arsenal Segera Perpanjang Kontrak Pierre-Emerick Aubameyang

Bersama Chelsea, ia berhasil memenangi tiga trofi Premier League dan berbagai gelar domestik maupun Eropa lainnya. Secara fisik, Ivanovic memiliki postur dan tinggi badan yang ideal sebagai seorang bek sayap. Selama membela The Blues, ia telah memainkan 377 pertandingan dan membukukan 34 gol dan 34 assist.

3. Lee Dixon

Legenda Arsenal, Lee Dixon menjadi bek kanan selanjutnya yang berada di daftar ini. Pemain asal Inggris ini mengawali kariernya di Arsenal pada tahun 1988 setelah dibeli dari Stoke City. Bersama The Gunners, ia berhasil memenangi 12 gelar di berbagai ajang, termasuk dua trofi Premier League.

Selain itu, Dixon telah memainkan 459 pertandingan bersama Arsenal, di mana 305 pertandingan di Premier League. Ia kemudian memilih gantung sepatu pada tahun 2002.

4. Trent Alexander-Arnold

Di usia yang masih cukup muda, Trent Alexander-Arnold telah menjelma menjadi salah satu bek sayap terbaik di dunia saat ini. Dalam beberapa musim terakhir, performanya sangat konsisten bersama Liverpool. Ia berhasil mengantarkan Liverpool meraih beberapa gelar bergengsi, di antaranya Premier League, Liga Champions, dan Piala Dunia Antarklub.

Tak hanya hebat sebagai bek kanan, pemain berusia 22 tahun ini juga dipercayai oleh Jurgen Klopp sebagai eksekutor tendangan bebas dan sepak pojok. Duetnya bersama Andy Robertson menjadikan mereka berdua sebagai duo bek sayap terbaik di dunia.

Baca Juga :  Ditahan Imbang Leeds, Guardiola Catat Rekor Buruk

Statistik Alexander-Arnold sendiri sangat cemerlang bagi seorang bek sayap, ia telah menciptakan 8 gol dan 36 assist dari 140 pertandingan di semua ajang.

5. Kyle Walker

Walaupun sudah berusia 30 tahun, Kyle Walker masih belum kehilangan kecepatan di atas lapangan. Hal itu membuatnya dinilai sebagai salah satu bek kanan terbaik di Premier League saat ini. Bahkan kualitasnya tersebut diakui langsung oleh sang pelatih, Pep Guardiola.

Karena alasan itulah, Guardiola tertarik untuk memboyongnya ke Manchester City pada tahun 2017 lalu. Bersama City, posisinya hampir tak tergantikan di posisi kanan. Walker berhasil mengantarkan The Citizens meraih gelar Premier League sebanyak dua kali berturut-turut.

Sejauh ini, ia sudah menciptakan 14 assist bersama Manchester City. Selain menjadi bek kanan, Walker juga beberapa kali dimainkan Guardiola sebagai bek tengah.

Bek kanan juga menjadi salah satu posisi krusial. Selain menjadi penjaga lini pertahanan, tapi juga membantu para winger yang harus out of position ketika melakukan taktik penyerangan. Posisi bek kanan ini pun menghadirkan pemain kreatif, kuat dan skill mumpuni.

Siapa bek kanan favoritmu? Apakah bek kanan tim favoritmu berpotensi jadi yang terbaik?

Share :

Baca Juga

Liputan

Cedera, Bintang Milan asal Turki Bisa Absen di Liga Europa

Liputan

Barcelona Tak Lagi Tertarik, Milan Bakal Kembali Bidik Depay?

Liputan

Everton Cari Kemenangan Pertama Lawan The Reds Sejak 2010
Manchester United sukses mengalahkan Luton Town 3-0 dalam putaran ketiga Carabao Cup pada Rabu (23/9/2020) dini hari WIB.

Liputan

Drama Menit Akhir Pastikan MU Raih Kemenangan atas Luton Town

Liputan

Ini Dia Pembagain Grup Liga 2 2020: Grup D Grup Neraka

Liputan

5 Fakta Menarik Timnas U19 Era Shin Tae-yong, Formasi Khas hingga Pemain Langganan Starter

Liputan

Edinson Cavani Absen Lawan PSG di Liga Champions

Liputan

Cavani Bisa Jadi Malaikat Penyelamat Gunnar Solskjaer