Home / Liputan

Thursday, 24 December 2020 - 23:58 WIB

FIFA: Piala Dunia U-20 2021 Batal, Indonesia Tuan Rumah 2023

FIFA resmi membatalkan pelaksanaan Piala Dunia U-20 pada 2021 mendatang di Indonesia. Meski demikian, Indonesia tetap tuan rumah untuk Piala Dunia U-20 yang digelar tahun 2023.

Menurut FIFA, kondisi global yang gagal dinormalkan ke tingkat yang memadai menjadi alasan dari pembatalan Piala Dunia U-17 dan U-20 itu. Piala Dunia U-20 rencananya digulrikan di Indonesia pada 20 Mei-12 Juni 2021, sedangkan Piala Dunia U-17 digelar di Peru.

Baca juga : Fisik Timnas Indonesia U-19 Digenjot Sebelum ke Spanyol

“Akibat pandemi Covid-19, Dewan FIFA memutuskan membatalkan Piala Dunia FIFA U-20 putra dan Piala Dunia U-17 putra pada edisi 2021,” demikian pernyataan FIFA.

Sejak dimulai pada 2007, Piala Dunia U-20 digelar setiap dua tahun. Dengan dibatalkannya edisi 2021, maka Piala Dunia U-20 kedelapan dimundurkan pada 2023.

FIFA mengakui, pandemi Covid-19 menjadi tantangan bagi penyelenggara kegiatan olahraga internasional dan memiliki efek pembatasan perjalanan.

Baca Juga :  Intip Persiapan Persipura Jelang Bergulirnya Kembali Shoope Liga 1 2020

“Karena itu FIFA secara teratur berkonsultasi dengan pemangku kepentingan terkait, termasuk asosiasi anggota tuan rumah serta konfederasi yang terlibat dalam kedua turnamen, yang semula dijadwalkan berlangsung pada 2021,” kata FIFA.

Badan sepak bola dunia itu juga mengapresiasi upaya Indonesia dan Peru sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 serta U-17 yang dianggap berkomitmen dalam persiapan kedua ajang tersebut.

“FIFA berharap dapat terus bekerja sama dengan negara tuan rumah untuk menyelenggarakan turnamen yang sukses,” ucap FIFA.

Situs RPP asal Peru dan El Litorial asal Argentina memberitakan pelaksanaan Piala Dunia U-17 di Peru dan Piala Dunia U-20 di Indonesia, di mana keduanya akan digelar pada 2021 diundur karena masalah kesehatan akibat pandemi virus corona.

Baca Juga :  Timnas U-19 Akan Hadapi Kroasia, Bulgaria, dan Arab Saudi di Kroasia

Sementara itu, laporan dari El Litorial menyebutkan, Konfederasi Sepak Bola Amerika Selatan (CONMEBOL) menunda Kualifikasi Piala Dunia U-17 dan U-20 akibat pandemi virus corona.

Kualifikasi Piala Dunia U-17 rencananaya akan digelar di Ekuador pada Maret hingga April 2021, sedangkan Kualifikasi Piala Dunia U-20 zona Amerika Selatan digelar Februari di Kolombia.

“Untuk ulasan ini, CONMEBOL akan menggelar kualifikasi zona Amerika Selatan pada pertengahan 2021,” kata El Litoral.

Federasi Sepak Bola Kolombia (FCF) berharap, penundaan Kualifikasi Piala Dunia dua kelompok umur ini bisa dijadwal ulang secepatnya.

“Tetapi, saat ini kesehatan dan kesejahteraan harus dikedepankan. FCF menunggu informasi lebih lanjut dari FIFA dan CONMEBOL tentang penyelenggaraan Piala Dunia dan Copa America,” kata FCF dikutip dari RPP.

Share :

Baca Juga

Liputan

Musim Berganti, Atalanta Tetap Tajam
Kedatangan Federico Chiesa ke Juventus dari Fiorentina memperkuat daya serang tim. Selain itu, juga menambah deretan WAGs yang mempesona bernama Benedetta Quagli.

Liputan

Pesona Juggling Manja, WAGs Chiesa Ini Bikin Mata Tak Berkedip

Liputan

Everton Lawan Liverpool dan MU dalam Rentang 21 Hari

Liputan

Liverpool dalam Masalah, Andrew Robertson Alami Cedera

Liputan

Musim Terbaik Man Utd sampai Casillas Kembali ke Madrid

Liputan

Presiden La Liga Harap Messi Bertahan, Tapi Tak Sepenting Itu

Liputan

Pasoepati Belum Tentukan Arah Dukungan ke Bhayangkara FC
Liga 1

Liputan

Sepak Bola Nasional: Inilah Daftar Hadiah Liga 1 2020