Home / Liputan

Saturday, 21 November 2020 - 04:52 WIB

Hanya 6 Klub Liga 1 yang Lolos AFC Club Licensing 2020, Ini Daftarnya

PSSI menetapkan enam klub Liga 1 lolos AFC Club Licensing Cycle 2020. Ini merupakan proses standarisasi dan verifikasi kualitas manajemen klub profesional yang diperkenalkan AFC untuk mendukung perkembangan sepak bola.

Program ini merupakan acuan standar professional. Selain itu, AFC Club Licensing Cycle juga merupakan salah satu syarat agar suatu klub di Asia dapat ikut serta di kompetisi resmi AFC seperti Liga Champions Asia serta Piala AFC.

Baca juga : Van Dijk Mulai Latihan Usai Cedera Parah

Ada lima kriteria yang menjadi penilaian saat AFC Club Licensing, yakni sporting, infrastructure, personnel serta administration, legal, dan finance.

Baca Juga :  Batal ke Turki, Ini Rencana Timnas U-19 Selanjutnya

Seluruh klub peserta Liga 1 2020 mengajukan untuk mengikuti proses ini. Namun, hanya enam saja yang dinyatakan lolos.

Melalui rapat Club Licensing Committee yang dilaksanakan pada Kamis (19/11/2020) di Hotel Harris FX, Jakarta, PSSI memutuskan enam klub dinyatakan Granted, yakni Bali United, Persipura Jayapura, Bhayangkara FC, Borneo FC, Persib Bandung, dan Arema FC.

Klub yang mendapatkan status ‘Granted’ adalah Arema FC, Persebaya Surabaya, Persib Bandung, Persija Jakarta, Persipura Jayapura, dan PSM Makassar.

Sementara itu klub yang mendapatkan status ‘Granted with Sanction’ ialah Bali United dan Bhayangkara FC. Namun keduanya tetap bisa tampil di level Asia dengan memenuhi sisa syarat.

Baca Juga :  Tinggalkanlah Saja Juventus, Paulo Dybala Gabung Real Madrid

Chairperson Club Licensing Committee Timmy Setiawan berhadap dengan adanya standar ini, klub sepak bola profesional di Indonesia memiliki referensi lebih.

Club Licensing Department sendiri memiliki pekerjaan rumah untuk segera menyelesaikan sosialisasi lisensi nasional untuk peserta Liga 1.

Selain itu regulasi lisensi nasional di Liga 2 juga tengah disiapkan. Termasuk perumusan aspek bisnis yang sudah mulai diterapkan di beberapa federasi negara di Asia.

Share :

Baca Juga

Lawan Bulgaria, Timnas U-19 tanpa beban

Liputan

Timnas U-19 Siap Tampil Tanpa Beban Lawan Bulgaria 5 September 2020

Liputan

Arsenal Mau Pinjamkan Beknya ke Klub Championship

Liputan

Main Terbuka pada Babak Kedua, Timnas U-19 Kebobolan Tiga Gol dari Bulgaria

Liputan

Andrea Pirlo Bicara soal Jam Tampil Cristiano Ronaldo Musim Ini

Liputan

Hasil Liga Italia: Hujan Gol, Inter Milan Tundukkan Fiorentina

Liputan

Juventus Janjikan Hal Ini Untuk Rayu Edin Dzeko agar Mau Bergabung

Liputan

Bayern Munich vs Schalke: Gnabry Hat-trick, FC Hollywood Pesta 8 Gol
Timnas Indonesia U-19 melawan Makedonia Utara berakhir dengan skor kaca mata dalam lanjutan laga uji coba di Stadion NK Uslok Klis, Split, Rabu (14/10/2020) malam WIB.

Liputan

Hasil Timnas U-19 vs Makedonia Utara: Banyak Peluang Tanpa Gol