Home / Liputan

Tuesday, 29 September 2020 - 20:38 WIB

Liga 1 dan Liga 2 Resmi Ditunda Lagi Hingga November

Kompetisi kasta tertinggi sepak bola Indonesia, Liga 1 dan Liga 2 yang awalnya digelar pada Oktober resmi ditunda kembali hingga November mendatang.

Keputusan itu disampaikan langsung oleh Ketua Umum PSSI, Mochammad Iriawan dalam konerensi pers yang juga dihadiri oleh Menpora Zainudin Amali di Kantor Kemenpora RI, Selasa (29/9/2020).

Keputusan ini tidak lepas dari sikap Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) terkait izin keamanan.

Pada Senin (28/9/2020) lalu, Polri memutuskan untuk tidak menerbitkan izin melanjutkan kompetisi karena situasi pandemi COVID-19 di Indonesia yang belum membaik.

PSSI berharap Liga 1 dan Liga 2 akan kembali bisa digelar bulan November dan berakhir Maret 2021. Namun, kompetisi akan sulit dilaksanankan jika dimulai pada Desember 2020 atau Januari 2021.

Baca Juga :  FIFA: Piala Dunia U-20 2021 Batal, Indonesia Tuan Rumah 2023

“Kalau dilanjutkan Desember atau Januari 2021, sulit bagi PT Liga Indonesia Baru untuk memutar kompetisi. Sebab, April sudah memasuki bulan puasa dan Mei-Juni, kita akan menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20.” Kata Mochammad Iriawan.

“Jadi kalau dipaksakan pun pada bulan Agustus 2021. Tetapi, itu juga sulit bagi PSSI dan klub-klub Liga 1 untuk mengikuti agenda FIFA dan AFC,” tambah pria yang akrab disapa Iwan Bule itu.

Penundaan kompetisi ini akan berdampak langsung bagi pemain, perangkat pertandingan dan seluruh ekosistem sepak bola. Pasalnya, mereka menggantungkan hidupnya dari sepak bola.

PSSI menghormati dan memahami keputusan tentang penundaan kompetisi ini dari kepolisian. Sebab, alasan keamanan, kesehatan, dan kemanusiaan yang paling utama dalam kondisi saat ini.

Baca Juga :  18 Klub Shopee Liga 1 2020 Sepakat Lanjutkan Kompetisi 1 November

Akibat tertundanya kompetisi ini juga akan menambah kekuatan timnas U-19 selama menjalani TC di luar negeri. Garuda Muda yang selesai TC di Kroasia akan dijadwalkan ke Turki atau tetap berada di Kroasia.

Ini merupakan persiapan menuju Piala Dunia U-20 pada 2021. Jika pasukan Shin Tae-yong kembali ke tanah air akan sia-sia karena para pemain tidak bisa dikembalikan ke klub serta tidak ada kompetisi.

Baca Juga Kunci Sukses dan Keinginan PSSI Usai Timnas U-19 Menang atas Zagreb

Share :

Baca Juga

Sepak Bola

Liputan

Sepak Bola Nasional: Jonathan Bauman Ikuti Jejak Gomez

Liputan

Everton vs Chelsea: Lampard Melawan Guru
Tujuh bulan menepi dari dunia sepak bola, Marco Reus akhirnya kembali bermain dalam laga persahabatan melawan Sparta Rotterdam pada Senin (7/9/2020) waktu setempat.

Liputan

Tujuh Bulan Cedera, Kini Marco Reus Telah Kembali ke Lapangan

Liputan

Arsenal Segera Perpanjang Kontrak Pierre-Emerick Aubameyang
Gelandang Arsenal, Mesut Ozil siap menyumbangkan seluruh gajinya untuk membayar Jerry Quy, pelakon maskot tim, Gunnersaurus, yang dipecat baru-baru ini.

Liputan

KELAS! Ozil Tawarkan Gaji Penuh Untuk Maskot Arsenal yang Dipecat

Liputan

Liga Spanyol Kian Memanas
Sevilla

Liputan

Kutukan Semifinal Bagi Solskjaer, Sevilla ke Final Liga Europa 19/20

Liputan

Start Mulus di Serie A Tidak Buat Milan Lupakan Liga Europa