Home / Liputan

Friday, 7 August 2020 - 19:36 WIB

Liga Inggris: Menolak Lima Substitusi, EPL Kembali Ke Peraturan Lama

Liga Inggris atau Premier League musim 2020/2021 rencananya akan bergulir kembai pada tanggal 12 September 2020. Klub-klub kasta tertinggi Liga Inggris mengadakan pertemuan untuk membahas berbagai peraturan untuk musim depan.

Dalam bahasan tersebut, Mereka sepakat untuk tidak menggunakan lima pemain pengganti karena dinilai hanya menguntungkan klub-klub besar. Mereka akan kembali ke perturan sebelum Covid-19 yakni menggunakan tiga pemain pengganti.

Secara bersamaan, mereka juga sepakat dengan peraturan pemain cadangan yang awalnya Sembilan kini menjadi maksimal tujuh pemain pengganti di bangku cadangan.

Kebijakan tentang water break juga akan dihilangkan pada musim depan.

Selain itu, Premier League mengumumkan kesepakatan tentang sejumlah perubahan penerapan VAR (asisten wasit video) dalam musim 2020/2021 sesuai dengan peralihan wewenang dari Badan Asosiasi Sepak Bola Internasional (IFAB) ke FIFA.

Baca Juga :  Giggs Takut Manchester United Puasa Gelar 20 Tahun

Ada lima perubahan kunci atas kebijakan VAR di Premier League 2020/2021, yakni pertama meningkatkan penggunaan peninjauan area wasit terkait keputusan gol, kartu merah, dan tendangan penalti.

Kedua, pelanggaran kiper dalam tendangan penalti. Kaki kiper tidak boleh melewati garis gawang sebelum pemain menyentuh bola dalam mengeksekusi tendangan penalti. Apabila itu terjadi dan kiper menyelamatkan bola, maka VAR akan meminta untuk mengulangi tendangan penalti tersebut.

Jika penalti tersebut melenceng atau membentur mistar gawang, maka tidak diperlukan adanya pengulangan penalti.

Ketiga, mengenai gangguan eksekusi penalti oleh pemain lawan yang secara aturan memang melarang pemain lain atau rekan tim selain algojo penalti dilarang memasuki kotak penalti.

Baca Juga :  Van Dijk Mulai Latihan Usai Cedera Parah

Keempat, VAR baru tidak memberikan level toleransi terhadap pelanggaran offside.

Kelima, hakim digaris diminta untuk melanjutkan permainan pada saat ada dugaan offside dengan margin tipis dan baru mengangkat bendera setelah peluang selesai, entah itu terjadi gol atau tidak. Jika terjadi gol maka VAR akan menindaklanjuti insiden tersebut.

Aturan tersebut berlaku untuk Premier League musim depan. Untuk pergantian lima pemain FIFA masih memperbolehkan untuk liga atau turnamen hingga Agustus 2021.

Baca Juga: Gareth Bale Menolak Memperkuat Real Madrid kontra Manchester City?

Share :

Baca Juga

Putaran Ketiga Carabao Cup akan dimulai pada hari Rabu (23/9/2020) dini hari WIB mulai dari Leyton vs Tottenham, Luton vs Man United, dll.

Liputan

Jadwal Putaran Ketiga Carabao Cup: Man City, Man United, Liverpool, dll
Timnas Indonesia U-16 dijadwalkan akan melakoni uji coba internasional menghadapi Uni Emirat Arab (UEA) pada 21 dan 24 Oktober 2020 mendatang.

Liputan

Timnas Indonesia U-16 Bawa 22 Pemain ke UEA, Siapa Saja Mereka?

Liputan

Cetak Gol, Pratama Arhan Tak Cuma Jago Lemparan ke Dalam

Liputan

Jadwal Liga Inggris 2020/21: Prediksi Persaingan Tim Papan Atas
Piala Dunia

Liputan

PSSI Hormati Keputusan AFC: Kualifikasi Piala Dunia 2022 Ditunda Lagi

Liputan

Nominasi Pelatih Terbaik FIFA: Guardiola Out, Bielsa In
Ketum PSSI melepas Timnas U-19 menuju Kroasia

Liputan

Ketum PSSI Lepas Timnas U-19 Menuju Kroasia dan Dua Pemain Dicoret

Liputan

Liga Inggris: Manchester United Mengumumkan Saham Glazers Telah Dijual