Home / Liputan

Friday, 5 February 2021 - 12:38 WIB

Pembatasan Perjalanan Internasional yang Diterapkan Jerman Mengancam Laga Leipzig Kontra Liverpool

Partai leg pertama babak 16 besar Liga Champions Eropa antara RB Leipzig dan Liverpool terancam dibatalkan. Aturan pembatasan perjalanan internasional ke Jerman dari negara-negara berisiko tinggi penyebaran Covid 19 menjadi penyebabnya.

Partai leg pertama babak 16 besar Liga Champions Eropa antara RB Leipzig dan Liverpool terancam dibatalkan. Aturan pembatasan perjalanan internasional ke Jerman dari negara-negara berisiko tinggi penyebaran Covid 19 menjadi penyebabnya.

Partai leg pertama babak 16 besar Liga Champions Eropa antara RB Leipzig dan Liverpool mengalami masalah karena berbenturan dengan aturan pembatasan perjalanan internasional yang diterapkan oleh Kementerian Dalam Negeri Jerman (BMI).

BMI telah mengeluarkan peraturan ketat yang melarang adanya perjalanan internasional ke Jerman dari negara-negara yang dianggap berisiko tinggi akibat mutasi virus korona. Inggris termasuk dalam kategori negara berisiko tinggi. Akibatnya, para pemain Liverpool dilarang masuk ke wilayah Jerman sehingga tidak bisa bertanding melawan RB Leipzig yang dijadwalkan pada 16 Februari 2021 di Red Bull Arena.

Memang pada awal pekan ini, BMI telah mengumumkan bahwa aturan itu tidak berlaku bagi atlet profesional. Akan tetapi pada Kamis (04/02/2021), dikonfirmasi bahwa pertandingan Liga Champions tidak mendapat pengecualian. Parahnya lagi, hal itu telah disampaikan langsung kepada Federasi Sepak Bola Jerman (DFB).

Baca Juga :  Klopp Akui Hansi Flick Layak Jadi Pelatih Terbaik FIFA 2020

“Polisi Federal memberi tahu asosiasi (DFB) bahwa jadwal pertandingan itu tidak termasuk dalam keadaan luar biasa dari Undang-undang Perlindungan Korona,” bunyi pernyataan BMI seperti dikutip okezone.com dari Sport Information Service (SIS).  

Menyikapi kebijakan itu, Federasi Sepak Bola Eropa (UEFA) memberi wewenang penuh kepada RB Leipzig untuk memikirkan dan mengatur rencana alternatif. Pihak klub diberi kesempatan sampai dengan tanggal delapan Februari.

Sekurang-kurangnya ada tiga kemungkinan yang akan terjadi atau yang akan ditempuh baik oleh RB Leipzig maupun oleh UEFA.

Pertama, Liverpool dan RB Leipzig bisa bertukaran partai kandang. Leg pertama akan berlangsung di Anfield (kandang Liverpool) dan leg kedua dimainkan di markas Leipzig. Akan tetapi kemungkinan itu amat kecil terjadi karena Liverpool mungkin tidak mau kehilangan keuntungan kandang dari pertandingan kedua yang akan sangat menentukan itu.

Baca Juga :  Prediksi Premier League 2021/2022: Man City dan Liverpool Favorit Juara
Pemain RB Leipzig, Dayot Upamecano. Partai Leg Pertama babak 16 besar Liga Champions Eropa antara Leipzig dan Liverpool terancam dibatalkan lantaran diterapkannya larangan perjalanan internasional ke Jerman dari negara-negara beresiko tinggi penyebaran Covid 19.

Kedua, laga akan berlangsung di tempat netral. UEFA bisa menentukan tempat pertandingan di negara-negara yang aturan pembatasan perjalanan internasionalnya tidak cukup ketat. Sebagai contoh Rusia dan Hungaria.

Ketiga, UEFA bisa menyatakan RB Leipzig kalah walkover (WO) dalam partai leg pertama ini bila sampai tanggal delapan Februari mereka tidak menyerahkan solusi mengenai tempat pertandingan. Bila keputusannya jatuh pada kemungkinan ini, Leipzig secara otomatis menelan kekalahan 0-3 dari Liverpool.

Baca Juga: Meski Menang Atas Spurs, Tuchel Tetap Merasa Ada yang Kurang pada Timnya

Share :

Baca Juga

Liputan

Arsenal Resmi Lepas Martinez, Tak Halangi Transfernya ke Aston Villa
Neymar postif COVID-19

Liputan

Usai Liburan, Neymar Jr dan Dua Rekannya Positif COVID-19

Liputan

Edinson Cavani Berpangaruh Besar pada Perkembangan Mason Greenwood di Manchester United

Liputan

Calvert Lewin Hattrick, Trio Everton Makin Menawan

Liputan

3 Tim Berpeluang Lolos ke 16 Besar Liga Champions

Liputan

Manchester United Diadang Rekor Buruk Lawan Brighton
Timnas Indonesia U-16 dijadwalkan akan melakoni uji coba internasional menghadapi Uni Emirat Arab (UEA) pada 21 dan 24 Oktober 2020 mendatang.

Liputan

Timnas Indonesia U-16 Bawa 22 Pemain ke UEA, Siapa Saja Mereka?

Liputan

Toni Kroos Kembali Kecam Piala Dunia Qatar, Ini Tiga Alasan Utamanya