Home / Liputan

Friday, 18 December 2020 - 08:46 WIB

Persija ke Piala AFC, Persipura Minta Penjelasan ke PSSI

Persipura Jayapura meminta penjelasan kepada PSSI terkait Persija Jakarta sebagai wakil Indonesia di Piala AFC 2021. Manajemen tim Mutiara Hitam juga sudah menyurati PSSI untuk mempertanyakan keputusan tersebut.

Berdasarkan hasil rapat Exco PSSI yang digelar, Rabu (16/12) sore diputuskan bahwa Persija dan Bali United menjadi wakil Indonesia di Piala AFC 2021.

Baca juga : Hasil Liga Spanyol: Barcelona Gebuk Real Socieded 2-1

Bali United ditunjuk karena berhasil menjadi juara Liga 1 2019. Sedangkan Persija yang merupakan runner up Piala Indonesia 2018/2019 ditunjuk karena sang juara, PSM Makassar tidak lolos lisensi klub AFC.

Mengacu pada manual kriteria peserta Piala AFC 2021 di pasal 9 ayat 1 yang menyangkut aspek sporting disebutkan perwakilan negara merupakan klub pemenang liga domestik tertinggi di negara tersebut. Urutannya yaitu juara liga domestik, juara piala Liga, runner up iga domestik, peringkat ketiga liga domestik atau peringkat keempat klasemen liga jika negara tersebut tidak menggelar Piala Liga.

Baca Juga :  Hajar Manchester City, Lyon Lengkapi Tim yang Lolos Ke Semifinal

Di Liga 1 2019, Bali United berhasil keluar sebagai juara diikuti oleh Persebaya Surabaya di posisi kedua dan Persipura Jayapura menempati peringkat ketiga. Namun, Persebaya sama halnya dengan PSM tidak lolos lisensi klub AFC.

Beto berharap PSSI bisa menjelaskan dasar penunjukkan Persija sebagai wakil di Piala AFC. Sebab, jika mengacu pada manual yang diberikan AFC, seharusnya Persipura yang menjadi wakil Indonesia karena menempati peringkat ketiga di klasemen Liga 1 2019.

“Poin terkait sporting criteria, di situ kan sudah ada tuh. PSSI melalui rapat Exco mengeluarkan keputusan, apa keputusannya berdasarkan manual AFC atau ada hal lain. Ini yang kami tidak tahu, kalau ada dasar lain jelaskan. Apa alasan keputusan Exco PSSI kan ada banyak orang di Exco, bayangkan sebanyak itu masa sih tidak ada yang tahu manual. Itu yang membuat kami bertanya-tanya.”

Baca Juga :  Liga 2: PT LIB Akan Berikan Bantuan Transportasi Kepada Klub

“PSSI kan sudah mengajukan nama ini (Bali United dan Persija) ke AFC sehingga saat ini mereka masih menunggu konfirmasi dari AFC apakah akan diterima atau tidak,” ungkapnya.

Persipura lanjut Bento tidak masalah jika Persija yang jadi wakil Indonesia di Piala AFC asalkan PSSI taat aturan.

“Kalau sesuai aturan silakan, kalau enggak, ya ini dipertanyakan. Secara resmi kami sudah bersurat ke PSSI tadi pagi. Kalau kami ditunjuk, kami siap, Insya Allah siap, harus siap sebagai klub. Apalagi Persipura yang sudah lama tidak main bola,” terang Bento.

Share :

Baca Juga

Southampton harus mengakui kekalahan dari tim tamunya, Tottenham Hotspur dengan skor 2-5 di ST Mary's Stadium pada Minggu (20/9/2020).

Liputan

Quat-trick Son Heung-min Beri Kemenangan Tottenham atas Southampton

Liputan

Nasib Sial Jan Bednarek dan Hal-hal Lain Seputar Kekalahan 0-9 Southampton dari Manchester United

Liputan

Presiden La Liga Harap Messi Bertahan, Tapi Tak Sepenting Itu
Selain mengundi fase grup Liga Champions 2020/21, UEFA juga mengumumkan penghargaan individual untuk musim 2019/20, Kamis (1/10) malam WIB di Swiss.

Liputan

Daftar Pemenang Gelar Individu UEFA 2020: Bayern Munchen Memborong
Inter sukses menang dramatis atas Fiorentina dengan skor 4-3 di Guiseppe Meazza, Minggu (27/9/2020) dini hari WIB.

Liputan

Tujuh Gol Tercipta, Inter Menang Dramatis atas Fiorentina di Meazza

Liputan

Komentar Terbaik Legenda Sepak Bola tentang Lionel Messi, Ada yang Menyamakannya dengan Newton dan Einstein

Liputan

Petik Kemenangan Kedua, Arsenal Bungkam West Ham 2-1

Liputan

Hindari Jersey tim sepakbola anda dari Rayap