Home / Liputan

Friday, 11 September 2020 - 00:57 WIB

Piala Asia U-16 dan U-19 Ditunda, AFC Cup Resmi Dibatalkan

Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) resmi menunda Piala Asia U-16 dan U-19. Tak hanya itu, mereka juga membatalkan AFC Cup 2020 karena pandemic virus corona yang belum usai.

PSSI hormati keputusan AFC menunda Piala Asia U-16 dan U-19

Piala Asia U-16 dan U-19 rencananya akan bergulir pada Oktober dan November 2020 mendatang, namun AFC resmi menundanya. Menanggapi hal tersebut, Mochammad Iriawan selaku Ketua Umum PSSI menghargai dan mengormati keputusan tersebut.

“PSSI mendukung keputusan AFC terkait penundaan Piala AFC U-19 dan U-16 tahun ini. Dengan ini tentunya tim pelatih akan mengubah program latihan,” kata pria yang akrab disapa Iwan Bule itu.

“Kami berharap pemain tetap semangat dan berlatih terus untuk memberikan yang terbaik untuk timnas Indonesia,” tambahnya, dikutip dari laman resmi PSSI.

Baca Juga :  Paul Pogba Positif COVID-19 dan Dicoret dari Timnas Prancis

Awalnya Piala AFC U-16 dijadwalkan pada 25 November hingga 12 Desember 2020 di Bahrain. Sedangkan Piala AFC U-19 akan berlangsung pada 14 hingga 31 Oktober di Uzbekiztan.

AFC Cup resmi dibatalkan

Selain menunda Piala Asia U-16 dan U-19, AFC juga membatalkan AFC Cup 2020. Pembatalan tersebut diambil dalam rapat Komite Eksekutif AFC yang digelar secara virtual pada Kamis (10/9/2020).

“Mengingat logistik dalam mengkoordinasikan lima zona Piala AFC dan menyelesaikan pertandingan Inter Zone, Komite Eksekutif AFC sepakat pandemi menciptakan kerumitan yang merupakan peristiwa force majeure,” bunyi pernyataan AFC.

“Dengan sedih, kami memutuskan untuk pembatalan kompetisi 2020,” tambahnya.

Perwakilan Indonesia di AFC Cup 2020 adalah Bali United dan PSM Makassar. Kiprah mereka bakal terhenti.

Bali United sendiri bergabung di Grup G bersama Ceres, Than Quang Ninh dan Svay Rieng. Saat ini, tim Serdadu Tridatu berada di dasar klasemen dengan perolehan tiga poin dari satu kemenangan dan dua kekalahan.

Baca Juga :  Shin Tae-yong: Setiap Hari Pemain Timnas U-19 Mengalami Peningkatan

Sementara wakil Indonesia lainnya, PSM Makassar berada di Grup G bersama Tampines Rovers, Kaya FC, dan Shan United. Tim berjuluk Juku Elja itu telah memperoleh empat poin dari satu kemenangan, satu seri, dan satu kali kekalahan. Dengan hasil tersebut, mereka berada di posisi ketiga diatas Shan United.

Meski begitu, AFC tetap melanjutkan Liga Champions Asia 2020. Tuan rumah penyisihan grup zona barat adalah Qatar sedangakan zona timur masih akan diputuskan AFC dalam beberap bulan ke depan. Laga penyisihan itu akan berlanjut pada September dengan mematuhi protokol yang ketat.

Baca Juga Usai Kalah 1-7 dari Kroasia, Timnas U-19 Jalani Recovery Training

Share :

Baca Juga

Liputan

Manchester United vs Crystal Palace, MU Kalah Telak 1-3, Donny Van De Beek Cetak Gol Debut

Liputan

Kalahkan PSG, Peter Schmeichel Puji Performa Empat Pemain MU

Liputan

Start Mulus di Serie A Tidak Buat Milan Lupakan Liga Europa

Liputan

Liga 1 Tak Kunjung Jelas, Persiraja Bubarkan Skuat
Jadwal El Clasico Barcelona vs Real Madrid

Liputan

La Liga 2020/21: Inilah Jadwal El Clasico Barcelona Vs Real Madrid

Liputan

Liga Spanyol Batasi Gaji, Barcelona Paling Parah
Pertandingan perdana putaran ketiga Carabao Cup antara Leyton Orient vs Tottenham Hotspur pada Rabu (23/9/2020) resmi ditunda.

Liputan

18 Pemain Leyton Positif COVID-19, Laga Lawan Spurs Ditunda

Liputan

Timnas Indonesia U-19 Dibantai Kroasia 1-7