Home / Liputan

Wednesday, 20 January 2021 - 20:00 WIB

PSSI: Akhir Kisah Kompetisi Liga 1 dan Liga 2 Musim 2020

PSSI memutuskan untuk membatalkan perhelatan Liga 1 dan Liga 2. Kebijakan itu diambil mengingat situasi pandemi COVID 19 yang belum menemukan titik terang ini.

PSSI memutuskan untuk membatalkan perhelatan Liga 1 dan Liga 2. Kebijakan itu diambil mengingat situasi pandemi COVID 19 yang belum menemukan titik terang ini.

Pada bulan Maret 2020 lalu, PSSI memutuskan untuk meliburkan untuk sementara waktu perhelatan Liga 1 dan Liga 2 karena pandemi COVID-19. Akan tetapi, hampir setahun kemudian, yakni sampai Januari tahun ini, kedua Liga professional sepak bola Indonesia itu belum juga dilanjutkan.

Hal ini dikarenakan oleh tidak dikeluarkannya izin keramaian oleh Kepolisian Negara Republik Indonesia mengingat kondisi tidak menentu yang disebabakan pandemic COVID-19.

Pada Jumat, 15 Januari 2020, klub-klub bola yang berkompetisi di kedua liga ini menyampaikan usulan kepada PT Liga Indonesia Baru (LIB) sebagai operator kompetisi untuk menghentikan secara permanen komptisi Liga 1 dan Liga 2 musim 2020.

Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan

Dalam rapat Komite Eksekutif (Exco) PSSI yang digelar pada hari ini (Rabu, 20 Januari 2020) diputuskan bahwa kompetisi Liga 1 dan Liga 2 Indonesia musim 2020 dihentikan secara permanen. Alasan di balik keputusan itu ialah keadaan kahar (force majeure) akibat pandemic COVID-19 yang semakin tidak menentu dari hari ke hari.

Baca Juga :  Inter Milan Segera Datangkan Tiga Amunisi Barunya, Termasuk Arturo Vidal

Kedua kompetisi tersebut telah berjalan beberapa pekan di tahun 2020 dan meskipun demikian PSSI tetap memutuskan bahwa tidak akan ada tim yang keluar sebagai juara.

Baca juga: Jotos lawan, Ini Hukuman Buat Messi

Menurut Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, sebagaimana dilansir TEMPO.CO, dalam mengambil keputusan itu, PSSI sangat mempertimbangkan usulan dan saran klub-klub peserta liga 1 dan Liga 2 yang disampaikan kepada operator kompetisi PT Liga Indonesia Baru (LIB) pada 15 Januari 2021 silam.

Baca Juga :  Pemain Brasil ke Liga 1 Untuk Naturalisasi? Ini Jawaban Indra Sjafri

“Exco PSSI1,” demikian kata Iriawan, sebagaimana dikutip TEMPO.CO dari laman resmi PSSI, “membahas masukan itu dan memutuskan kompetisi Liga 1 dan Liga 2 musim 2020 dibatalkan.”

Ada empat kebijakan yang diambil PSSI terkait pembatalan pergelaran Liga 1 dan Liga 2 ini, yakni pertama Liga 1 dan Liga 2 musim 2020 dibatalkan karena kondisi kahar (force majeure) terkait dengan pandemi COVID-19. Kedua, tidak ada juara dan tidak ada klub yang degradasi.

Ketiga, peserta kompetisi Liga 1 dan 2 musim 2021 sama dengan peserta kompetisi untuk musim 2021. Keempat, kontrak pemain diatur oleh klub mengacu kepada aturan keadaan kahar di dalam kontrak masing-masing klub.

Share :

Baca Juga

Liputan

Real Madrid Segera Putuskan Nasib Incaran Manchester United dan Arsenal

Liputan

PSG Mundur dari Perburuan Messi, Reuni Bersama Neymar Gagal
Timnas Senior

Liputan

Ditundanya Kualifikasi Piala Dunia 2022, Timnas Senior Dipulangkan
Timnas U-19 berhasil menahan imbang Arab Saudi 3-3 di laga terakhir yang bertajuk International U-19 Friendly Tournament 2020.

Liputan

Shin Tae-yong Ungkap Kelemahan Timnas U-19 karena Ini
Sepak Bola

Liputan

Sepak Bola Nasional: Timnas U-19 dan Senior Jalani TC Mulai 7 Agustus

Liputan

Carlo Ancelotti Bela Pickford Walau Bikin Liverpool Menderita Musim Ini
UEFA Nations League merupakan ajang baru di level timnas senior negara-negara Eropa yang digelar dua tahun sekali, mulai tahun 2018 lalu dimana Portugal sebagai juaranya.

Liputan

Eks Pelatih Arsenal Ini Mau Menghapus UEFA Nations League, Mengapa?

Liputan

Pertama Kali, Tiga Pelatih Asal Jerman di Semifinal Liga Champions