Home / Liputan

Wednesday, 20 January 2021 - 20:00 WIB

PSSI: Akhir Kisah Kompetisi Liga 1 dan Liga 2 Musim 2020

PSSI memutuskan untuk membatalkan perhelatan Liga 1 dan Liga 2. Kebijakan itu diambil mengingat situasi pandemi COVID 19 yang belum menemukan titik terang ini.

PSSI memutuskan untuk membatalkan perhelatan Liga 1 dan Liga 2. Kebijakan itu diambil mengingat situasi pandemi COVID 19 yang belum menemukan titik terang ini.

Pada bulan Maret 2020 lalu, PSSI memutuskan untuk meliburkan untuk sementara waktu perhelatan Liga 1 dan Liga 2 karena pandemi COVID-19. Akan tetapi, hampir setahun kemudian, yakni sampai Januari tahun ini, kedua Liga professional sepak bola Indonesia itu belum juga dilanjutkan.

Hal ini dikarenakan oleh tidak dikeluarkannya izin keramaian oleh Kepolisian Negara Republik Indonesia mengingat kondisi tidak menentu yang disebabakan pandemic COVID-19.

Pada Jumat, 15 Januari 2020, klub-klub bola yang berkompetisi di kedua liga ini menyampaikan usulan kepada PT Liga Indonesia Baru (LIB) sebagai operator kompetisi untuk menghentikan secara permanen komptisi Liga 1 dan Liga 2 musim 2020.

Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan

Dalam rapat Komite Eksekutif (Exco) PSSI yang digelar pada hari ini (Rabu, 20 Januari 2020) diputuskan bahwa kompetisi Liga 1 dan Liga 2 Indonesia musim 2020 dihentikan secara permanen. Alasan di balik keputusan itu ialah keadaan kahar (force majeure) akibat pandemic COVID-19 yang semakin tidak menentu dari hari ke hari.

Baca Juga :  5 Pemain Keturunan Ini Masuk Radar PSSI, Semuanya Bermain di Eropa

Kedua kompetisi tersebut telah berjalan beberapa pekan di tahun 2020 dan meskipun demikian PSSI tetap memutuskan bahwa tidak akan ada tim yang keluar sebagai juara.

Baca juga: Jotos lawan, Ini Hukuman Buat Messi

Menurut Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, sebagaimana dilansir TEMPO.CO, dalam mengambil keputusan itu, PSSI sangat mempertimbangkan usulan dan saran klub-klub peserta liga 1 dan Liga 2 yang disampaikan kepada operator kompetisi PT Liga Indonesia Baru (LIB) pada 15 Januari 2021 silam.

Baca Juga :  Otoritas Liga Spanyol Akui Lionel Messi Mesin Uang

“Exco PSSI1,” demikian kata Iriawan, sebagaimana dikutip TEMPO.CO dari laman resmi PSSI, “membahas masukan itu dan memutuskan kompetisi Liga 1 dan Liga 2 musim 2020 dibatalkan.”

Ada empat kebijakan yang diambil PSSI terkait pembatalan pergelaran Liga 1 dan Liga 2 ini, yakni pertama Liga 1 dan Liga 2 musim 2020 dibatalkan karena kondisi kahar (force majeure) terkait dengan pandemi COVID-19. Kedua, tidak ada juara dan tidak ada klub yang degradasi.

Ketiga, peserta kompetisi Liga 1 dan 2 musim 2021 sama dengan peserta kompetisi untuk musim 2021. Keempat, kontrak pemain diatur oleh klub mengacu kepada aturan keadaan kahar di dalam kontrak masing-masing klub.

Share :

Baca Juga

Liputan

Kompetisi Liga 1, 2 dan 3 2020 Resmi Ditunda Hingga Awal 2021

Liputan

8 Fakta Menarik Bayern Munchen di Semifinal Kontra Lyon

Liputan

Everton Lawan Liverpool dan MU dalam Rentang 21 Hari
Tiga pemain Persib Bandung jalani latihan terpisah karena cedera. Mereka bersiap sebelum kembali menuju kompetisi Shopee Liga 1 2020.

Liputan

Tiga Pemain Persib Jalani Latihan Terpisah Karena Cedera

Liputan

Nasib Sial Jan Bednarek dan Hal-hal Lain Seputar Kekalahan 0-9 Southampton dari Manchester United
Kingsley Coman bermain apik membawa Bayern Munchen menghajar Atletico Madrid 4-0 dalam matchday 1 fase Grup A Liga Champions 2020/21, Kamis (22/10) dini hari WIB.

Liputan

Bayern Munchen 4-0 Atletico Madrid: Coman Gacor Abis
Setelah libur beberapa hari, Timnas U-19 rencananya akan menggelar pemusatan latihan (TC) di Yogyakarta sebagai persiapan menuju Prancis untuk mengikuti Turnamen Toulon 2020.

Liputan

Turnamen Toulon 2020 Batal, PSSI Siapkan Plan B untuk Timnas U-19

Liputan

Solskjaer Buktikan Ancamannya Bukan Hanya Gertak Sambal