Home / Liputan

Wednesday, 20 January 2021 - 20:00 WIB

PSSI: Akhir Kisah Kompetisi Liga 1 dan Liga 2 Musim 2020

PSSI memutuskan untuk membatalkan perhelatan Liga 1 dan Liga 2. Kebijakan itu diambil mengingat situasi pandemi COVID 19 yang belum menemukan titik terang ini.

PSSI memutuskan untuk membatalkan perhelatan Liga 1 dan Liga 2. Kebijakan itu diambil mengingat situasi pandemi COVID 19 yang belum menemukan titik terang ini.

Pada bulan Maret 2020 lalu, PSSI memutuskan untuk meliburkan untuk sementara waktu perhelatan Liga 1 dan Liga 2 karena pandemi COVID-19. Akan tetapi, hampir setahun kemudian, yakni sampai Januari tahun ini, kedua Liga professional sepak bola Indonesia itu belum juga dilanjutkan.

Hal ini dikarenakan oleh tidak dikeluarkannya izin keramaian oleh Kepolisian Negara Republik Indonesia mengingat kondisi tidak menentu yang disebabakan pandemic COVID-19.

Pada Jumat, 15 Januari 2020, klub-klub bola yang berkompetisi di kedua liga ini menyampaikan usulan kepada PT Liga Indonesia Baru (LIB) sebagai operator kompetisi untuk menghentikan secara permanen komptisi Liga 1 dan Liga 2 musim 2020.

Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan

Dalam rapat Komite Eksekutif (Exco) PSSI yang digelar pada hari ini (Rabu, 20 Januari 2020) diputuskan bahwa kompetisi Liga 1 dan Liga 2 Indonesia musim 2020 dihentikan secara permanen. Alasan di balik keputusan itu ialah keadaan kahar (force majeure) akibat pandemic COVID-19 yang semakin tidak menentu dari hari ke hari.

Baca Juga :  Sebuah Anomali di Balik Kehancuran Liverpool oleh Arsenal di Anfield

Kedua kompetisi tersebut telah berjalan beberapa pekan di tahun 2020 dan meskipun demikian PSSI tetap memutuskan bahwa tidak akan ada tim yang keluar sebagai juara.

Baca juga: Jotos lawan, Ini Hukuman Buat Messi

Menurut Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, sebagaimana dilansir TEMPO.CO, dalam mengambil keputusan itu, PSSI sangat mempertimbangkan usulan dan saran klub-klub peserta liga 1 dan Liga 2 yang disampaikan kepada operator kompetisi PT Liga Indonesia Baru (LIB) pada 15 Januari 2021 silam.

Baca Juga :  FIFA: Piala Dunia U-20 2021 Batal, Indonesia Tuan Rumah 2023

“Exco PSSI1,” demikian kata Iriawan, sebagaimana dikutip TEMPO.CO dari laman resmi PSSI, “membahas masukan itu dan memutuskan kompetisi Liga 1 dan Liga 2 musim 2020 dibatalkan.”

Ada empat kebijakan yang diambil PSSI terkait pembatalan pergelaran Liga 1 dan Liga 2 ini, yakni pertama Liga 1 dan Liga 2 musim 2020 dibatalkan karena kondisi kahar (force majeure) terkait dengan pandemi COVID-19. Kedua, tidak ada juara dan tidak ada klub yang degradasi.

Ketiga, peserta kompetisi Liga 1 dan 2 musim 2021 sama dengan peserta kompetisi untuk musim 2021. Keempat, kontrak pemain diatur oleh klub mengacu kepada aturan keadaan kahar di dalam kontrak masing-masing klub.

Share :

Baca Juga

Liputan

Bakal Ditendang, Bintang Barcelona Langsung Jadi Rebutan 3 Klub Inggris
Timnas Indonesia U-19 kembali melanjutkan tren positifnya setelah menghajar Makedonia Utara dengan skor 4-1. Pada Laga itu, Jack Brown berhasil mencetak brace (58' dan 69').

Liputan

Debut Elkan Baggott dan Brace Jack Brown, Garuda Muda Berpesta 4-1

Liputan

Akhir Pekan Istimewa Pencinta Bola Eropa

Liputan

Portugal Diselamatkan Gol Bunuh Diri Medvedev
Liga Champions musim 2020/21 akan bergulir kembali mulai malam ini, Selasa (20/10). Semua tim akan bersaing untuk mendapatkan gelar raja di benua biru.

Liputan

Jadwal Liga Champions 2020/21 Malam Ini, Ada PSG Vs Man United

Liputan

Perjalanan Robert Lewandowski Akhiri Kejayaan Ronaldo dan Messi

Liputan

Gelandang Anyar Barcelona, Mirelam Pjanic Positif Covid-19
Kejutan datang dari Premier League 2020/21, dimana Everton berhasil menduduki puncak klasemen sementara dengan raihan 12 poin dari empat laga.

Liputan

Everton Puncaki Klasemen Sementara, Apa Karena 5 WAGs Seksi Ini?