Home / Liputan

Friday, 13 November 2020 - 03:49 WIB

Resmi Jadi WNI, Marc Klok Siap Masuk Skuad Timnas Indonesia

Gelandang Persija Jakarta berdarah Belanda, Marc Klok, resmi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) usai pengambilan sumpah di Kanwil Kumham DKI Jakarta, Kamis (12/11).

Setelah proses naturalisasi gelandang 27 tahun itu menjadi WNI itu telah rampung seluruhnya, Klok mengambil sumpah sebagai WNI di Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan HAM DKI Jakarta di kawasan Cawang, Jakarta Timur.

Baca juga : Liverpool Diminta Tidak Panik Meski Sedang Dilanda Badai Cedera

Klok datang ke Kanwil Kumhan DKI pukul 15.30 WIB menggunakan sedan putih. Mengenakan setelan jas hitam dengan kemeja putih, peci hitam, dan masker hitam Klok tiba dengan wajah yang berseri-seri.

Baca Juga :  Hasil La Liga: 10 Pemain Barcelona Bungkam Celta, Fati Cetak Gol Lagi

Tak lama kemudian ia membacakan sumpah dan janji setianya kepada Indonesia didampingi seorang pemuka agama.

Selain Klok, di waktu yang sama juga ikut pengambil sumpah menjadi WNI dua pebasket; Brandon Jawato, Lester Prosper. Sedangkan satu pebasket lainnya, Kimberly Pierre Louis masih menunggu jadwal pengambilan sumpah meskipun SK WNI nya juga sudah turun.

Klok yang lahir di Amsterdam, Belanda, pada 20 April 1993 memiliki garis keturunan Indonesia dari keluarganya, kakek buyut yang merupakan Makassar. Pemain yang memulai kariernya bersama Utrecht itu ingin menjadi WNI karena sudah berada di Indonesia dari 2017.

Klok memulai proses naturalisasi pada Januari 2020 melalui Persija Jakarta. Tahapan yang dilalui pemain asal Belanda itu adalah Rapat Dengar Pendapat (RDP) bersama Komisi III DPR RI dan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora).

Baca Juga :  Die Borussen Mencari Pelampiasan

Setelah mendapatkan rekomendasi dari Kemenpora, proses Klok berlanjut ke Komisi X DPR-RI, lalu mendapatkan persetujuan dari Komisi III sebelum mendapatkan restu Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Naturalisasi Klok kemudian tertuang lewat Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 11/PWI Tahun 2020 yang dikeluarkan pada Jumat (6/11).

Klok berharap bisa memberikan kesuksesan dan membawa pengaruh postitif buat sepak bola Indonesia serta memberikan kontribusi yang baik ketika dipercaya menjadi pemain Timnas Indonesia.

Share :

Baca Juga

Liputan

Napoli Jadi Klub Ketiga Pemain Gagal Chelsea
Arsenal dipaksa untuk tunduk di hadapan Leicester City dengan skor 1-0 dalam lanjutan pekan ke-6 Liga Inggris 2020/21, Senin (26/10) dini hari WIB di Emirates Stadium.

Liputan

Arsenal Tunduk dari Leicester City, Arteta Kecewakan Keputusan Wasit

Liputan

5 Fakta Menarik Bayern Munchen Jelang Final UCL Kontra PSG

Liputan

Barcelona Cukur Alaves
Bayern Munchen melumat Eintracht Frankfurt 5-0 dalam pekan ke-5 Bundesliga 2020/21, Sabtu (24/10) malam WIB. Lewandowski berhasil mencetak hattrick di laga ini.

Liputan

Lewandowski Hattrick, Bayern Munchen Lumat Eintracht Frankfurt 5-0

Liputan

Klopp Lempar Handuk

Liputan

Sergio Ramos Terancam Absen dalam Laga Kontra Liverpool dan Barcelona

Liputan

Klopp Kesal kepada Media Usai Liverpool Ditahan Brighton