Home / Liputan

Friday, 13 November 2020 - 03:49 WIB

Resmi Jadi WNI, Marc Klok Siap Masuk Skuad Timnas Indonesia

Gelandang Persija Jakarta berdarah Belanda, Marc Klok, resmi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) usai pengambilan sumpah di Kanwil Kumham DKI Jakarta, Kamis (12/11).

Setelah proses naturalisasi gelandang 27 tahun itu menjadi WNI itu telah rampung seluruhnya, Klok mengambil sumpah sebagai WNI di Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan HAM DKI Jakarta di kawasan Cawang, Jakarta Timur.

Baca juga : Liverpool Diminta Tidak Panik Meski Sedang Dilanda Badai Cedera

Klok datang ke Kanwil Kumhan DKI pukul 15.30 WIB menggunakan sedan putih. Mengenakan setelan jas hitam dengan kemeja putih, peci hitam, dan masker hitam Klok tiba dengan wajah yang berseri-seri.

Baca Juga :  5 Keistimewaan Riyad Mahrez yang Belum Diketahui Banyak Orang

Tak lama kemudian ia membacakan sumpah dan janji setianya kepada Indonesia didampingi seorang pemuka agama.

Selain Klok, di waktu yang sama juga ikut pengambil sumpah menjadi WNI dua pebasket; Brandon Jawato, Lester Prosper. Sedangkan satu pebasket lainnya, Kimberly Pierre Louis masih menunggu jadwal pengambilan sumpah meskipun SK WNI nya juga sudah turun.

Klok yang lahir di Amsterdam, Belanda, pada 20 April 1993 memiliki garis keturunan Indonesia dari keluarganya, kakek buyut yang merupakan Makassar. Pemain yang memulai kariernya bersama Utrecht itu ingin menjadi WNI karena sudah berada di Indonesia dari 2017.

Klok memulai proses naturalisasi pada Januari 2020 melalui Persija Jakarta. Tahapan yang dilalui pemain asal Belanda itu adalah Rapat Dengar Pendapat (RDP) bersama Komisi III DPR RI dan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora).

Baca Juga :  Messi Angkat Kaki, Ruang Ganti Barcelona Langsung Kacau!

Setelah mendapatkan rekomendasi dari Kemenpora, proses Klok berlanjut ke Komisi X DPR-RI, lalu mendapatkan persetujuan dari Komisi III sebelum mendapatkan restu Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Naturalisasi Klok kemudian tertuang lewat Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 11/PWI Tahun 2020 yang dikeluarkan pada Jumat (6/11).

Klok berharap bisa memberikan kesuksesan dan membawa pengaruh postitif buat sepak bola Indonesia serta memberikan kontribusi yang baik ketika dipercaya menjadi pemain Timnas Indonesia.

Share :

Baca Juga

Liputan

Timnas Indonesia U-19 vs Makedonia: Selalu Kalah Lawan Balkan
Setelah mengikuti International U-19 Friendly Tournament 2020, Timnas U-19 masih menyisihkan empat pertandingan uji coba di Kroasia.

Liputan

Catat Tanggalnya, Jadwal 4 Pertandingan Uji Coba Timnas U-19 di Kroasia
Ciro Immobile

Liputan

Fakta Menarik Mengenai Ciro Immobile, Nomor 4 Ternyata Ini

Liputan

Menang Atas PSG, Manchester United Bukukan Rekor Baru
Setelah libur beberapa hari, Timnas U-19 rencananya akan menggelar pemusatan latihan (TC) di Yogyakarta sebagai persiapan menuju Prancis untuk mengikuti Turnamen Toulon 2020.

Liputan

Turnamen Toulon 2020 Batal, PSSI Siapkan Plan B untuk Timnas U-19

Liputan

Edinson Cavani Berpangaruh Besar pada Perkembangan Mason Greenwood di Manchester United

Liputan

Hasil Liga Inggris: Tertinggal 3-0, Chelsea Bangkit dan Samakan Skor 3-3!

Liputan

Hay Arsenal, Menyesal Gak Lihat Mantan Kiper Selamatkan Penalti Tadi Malam?