Home / Liputan

Sunday, 8 November 2020 - 21:20 WIB

Sejarah Sepak Bola dari Tradisional Hingga Modern

Football field conner

Football field conner

Sepak bola adalah salah satu bentuk olahraga yang banyak digemari oleh masyarakat dunia. Bukti dari kegemaran permainan ini ialah selalu ada ajang pertandingan internasional untuk olahraga sepak bola. Selain itu olahraga ini juga banyak digemari oleh semua kalangan, entah itu anak anak hingga dewasa.

Alasan kenapa sepak bola menjadi permainan sekaligus olahraga yang sangat digemari ialah karena aturan mainnya yang cukup mudah. Kita tidak memerlukan atribut lengkap atau aturan main yang ketat untuk memainkan permainan ini. Tetapi tahukah anda bagaimana sejarah sepak bola itu sendiri? Simak penjelasan berikut ini.

Sejarah Singkat Sepak Bola

Permainan menendang bola atau sepak bola diawali oleh Dinasti Han di Tiongkok pada abad ke 2 dan ke 3 sebelum masehi. Pada waktu itu, masyarakat gemar menggiring dan menendang bola yang terbuat dari kulit ke jaring kecil. Disebut, orang tiongkok lah yang mengawali sejarah permainan sepak bola. Dan tetangganya, Jepang, menyebut sepak bola dengan istilah Kemari.

Baca Juga :  Klopp Cekcok dengan Roy Keane Usai Liverpool Menang

Seiring dengan berjalannya jaman, sepak bola berevolusi menjadi olahraga yang modern dan banyak sekali peminatnya. Sepak bola modern mulai berkembang di Inggris dengan menetapkan peraturan peraturan dasar. Namun olahraga ini ternyata menimbulkan kekerasan selama pertandingan. Sehingga Raja Edward III yang kala itu sedang berkuasa melarang olahraga ini untuk dimainkan. Itu terjadi pada tahun 1365 dan kebijakan itu didukung oleh raja James I dari Skotlandia.

Perkembangan sepak bola tidak sampai disitu saja. Di tahun 1815, sepak bola menjadi terkenal di lingkungan sekolah dan universitas. Sepak bola modern kembali lahir di Freemasons Tavern, tahun 1863. Pada saat itu, 11 sekolah dan klub berkumpul untuk merumuskan aturan untuk permainan tersebut. Barulah setelah itu, kerusuhan yang selalu muncul saat bermain sepak bola itu dapat dihilangkan. 

Baca Juga :  Jadwal Perempat Final Carabao Cup: Ada Arsenal Vs City, Everton Vs Mu

Di abad itulah olahraga ini mulai dikenalkan oleh pelaut, tentara Inggris, dan pedagang ke seluruh belahan dunia. Dan kemudian di tahun 1904 lah asosiasi tertinggi sepak bola dunia atau FIFA mulai dibentuk. Hingga permainan ini mulai dimainkan di setiap negara.

Baca juga : Sempat Yakinkan FIFA, Menpora Terima Piala Dunia U-20 Batal

Share :

Baca Juga

Liputan

Belum Ambil Keputusan, Dzeko Bikin Macet Pergerakan Transfer Juventus dan Napoli

Liputan

Tak Dapat Jawaban, Timnas Indonesia U-19 Sulit ke Turki

Liputan

Resmi Jadi WNI, Marc Klok Siap Masuk Skuad Timnas Indonesia

Liputan

Manchester United vs Crystal Palace, MU Kalah Telak 1-3, Donny Van De Beek Cetak Gol Debut

Liputan

Vidal Menyerah di Barcelona, Inter Milan Berikan Kompensasi

Liputan

N’Golo Kante Ogah Tinggalkan Chelsea demi Inter Milan

Liputan

Fakta Jelang Liverpool vs Ajax dalam laga Liga Champions

Liputan

Derby Manchester Hambar dan Tak Efektif