Home / Liputan

Sunday, 8 November 2020 - 21:20 WIB

Sejarah Sepak Bola dari Tradisional Hingga Modern

Football field conner

Football field conner

Sepak bola adalah salah satu bentuk olahraga yang banyak digemari oleh masyarakat dunia. Bukti dari kegemaran permainan ini ialah selalu ada ajang pertandingan internasional untuk olahraga sepak bola. Selain itu olahraga ini juga banyak digemari oleh semua kalangan, entah itu anak anak hingga dewasa.

Alasan kenapa sepak bola menjadi permainan sekaligus olahraga yang sangat digemari ialah karena aturan mainnya yang cukup mudah. Kita tidak memerlukan atribut lengkap atau aturan main yang ketat untuk memainkan permainan ini. Tetapi tahukah anda bagaimana sejarah sepak bola itu sendiri? Simak penjelasan berikut ini.

Sejarah Singkat Sepak Bola

Permainan menendang bola atau sepak bola diawali oleh Dinasti Han di Tiongkok pada abad ke 2 dan ke 3 sebelum masehi. Pada waktu itu, masyarakat gemar menggiring dan menendang bola yang terbuat dari kulit ke jaring kecil. Disebut, orang tiongkok lah yang mengawali sejarah permainan sepak bola. Dan tetangganya, Jepang, menyebut sepak bola dengan istilah Kemari.

Baca Juga :  Rasisme Telah Menjadi Nama Tengah Sepakbola Kita

Seiring dengan berjalannya jaman, sepak bola berevolusi menjadi olahraga yang modern dan banyak sekali peminatnya. Sepak bola modern mulai berkembang di Inggris dengan menetapkan peraturan peraturan dasar. Namun olahraga ini ternyata menimbulkan kekerasan selama pertandingan. Sehingga Raja Edward III yang kala itu sedang berkuasa melarang olahraga ini untuk dimainkan. Itu terjadi pada tahun 1365 dan kebijakan itu didukung oleh raja James I dari Skotlandia.

Perkembangan sepak bola tidak sampai disitu saja. Di tahun 1815, sepak bola menjadi terkenal di lingkungan sekolah dan universitas. Sepak bola modern kembali lahir di Freemasons Tavern, tahun 1863. Pada saat itu, 11 sekolah dan klub berkumpul untuk merumuskan aturan untuk permainan tersebut. Barulah setelah itu, kerusuhan yang selalu muncul saat bermain sepak bola itu dapat dihilangkan. 

Baca Juga :  West Ham Tolak Tawaran 400 Juta Pounds dari Konsorsium Misterius AS

Di abad itulah olahraga ini mulai dikenalkan oleh pelaut, tentara Inggris, dan pedagang ke seluruh belahan dunia. Dan kemudian di tahun 1904 lah asosiasi tertinggi sepak bola dunia atau FIFA mulai dibentuk. Hingga permainan ini mulai dimainkan di setiap negara.

Baca juga : Sempat Yakinkan FIFA, Menpora Terima Piala Dunia U-20 Batal

Share :

Baca Juga

Liputan

Tak Dapat Jawaban, Timnas Indonesia U-19 Sulit ke Turki

Liputan

PSG Anggap Rencana Kepindahan Kylian Mbappe ke Real Madrid Cuma Hoaks
Hasil Extraodinary Meeting klub Shopee Liga 1 2020 adalah bersepakat untuk melanjutkan kompetisi pada 1 November mendatang.

Liputan

18 Klub Shopee Liga 1 2020 Sepakat Lanjutkan Kompetisi 1 November

Liputan

Van Dijk Mulai Latihan Usai Cedera Parah
Tim Nasional Indonesia U-19 dijadwalkan akan melawan Qatar pada Kamis (17/9/2020) malam WIB. Saat ini, Garuda Muda Sedang menjalani persiapan jelang laga tersebut.

Liputan

Intip Persiapan Garuda Muda Jelang Laga Kontra Qatar
Timnas Senior

Liputan

Ditundanya Kualifikasi Piala Dunia 2022, Timnas Senior Dipulangkan

Liputan

Bek Kanan Terbaik dalam Sejarah Premier League, Ada Legenda Arsenal

Liputan

Cristiano Ronaldo Bisa Memuluskan Transfer Erling Haaland ke Manchester United