Home / Liputan

Tuesday, 20 July 2021 - 20:24 WIB

Syarat Menjadi Wasit Sepakbola

11pemain.com – Ada beberapa syarat menjadi wasit sepakbola yang perlu dipenuhi dalam mewujudkan profesi tertentu terutama di bidang olahraga dimana harus adil untuk semua pemainnya. Syarat jadi wasit sepakbola berikut ini tentu harus diperhatikan agar permainan berlangsung secara sportif tanpa merugikan salah satu tim yang bermain.

Syarat-Syarat Menjadi Wasit Sepakbola
Wasit di dalam permainan sepak bola bisa dikatakn sebagai hakim yang harus memutuskan segala keputusan pertandingan secara adil. Tidak hanya menjalankan peraturan saja, perannya pun cukup penting untuk memastikan jika kedua tim bermain dengan aman dan sportif tanpa salah satu pihak rugi.

Tidak heran jika menjadi wasit pun harus memenuhi beberapa kriteria tertentu. Salah satunya yakni memiliki badan yang sehat dan tanpa memakai kacamata sehingga memudahkan perannya untuk mengawasi jalannya permainan meskipun dlihat dari jauh.

Baca Juga :  Konsistensi Chellini dan Kadoh buat Ronaldo

Seorang wasit juga harus memiliki penglihatan yang baik termasuk tidak memiliki riwayat buta warna. Kisaran umurnya berada di 24 sampai 40 tahun, mempunyai pendidikan terendah SMA atau sederajat serta mampu memahami dan melaksanakan janji untuk menjadi profesi tersebut.

Pakaian dan Perlengkapan Wasit Sepak Bola
Pakaian yang dikenakan wasit umumnya harus nyaman dan mudah menyerap keringat agar memudahkan mereka dalam berlarian mengawasi jalannya permainan sepak bola di lapangan. Biasanya akan mengenakan kaos dan celana pendek, kaos kaki dan juga sepatu.

Setiap kaos yang digunakan harus memiliki badge khusus dan dipasang di dada sebelah kiri sesuai dengan ketentuan. Wasit pun tidak lupa untuk selalu membawa peluit di ikat pergelangan tangannya saat menegur pemain jika terbukti melakukan pelanggaran dan memulai pertandingan.

Baca Juga :  Pique: Messi dan Griezmann Belum Sehati seperti dengan Suarez

Setiap wasit juga harus membawa notes buku kecil untuk mencatat pemain siapa saja yang telah melakukan pelanggaran, uang logam sebagai undian, peluit cadangan dan tentu saja dua kartu berwarna merah dan kuning.

Syarat jadi wasit sepakbola memang harus dipenuhi bagi siapa saja yang akan menjadi pemimpin permainan ini. Tujuannya agar pertandingan bisa berjalan dengan adil dan aman tanpa merugikan tim lainnya dimana kondisi seperti ini tentu memicu adanya kerusuhan baik dari pemain atau supporter.

Baca juga : Daftar Club Nomor 1 di Dunia

Share :

Baca Juga

Liputan

Neymar Dipastikan Absen Bela PSG Kontra RB Leipzig Karena Alasan Klasik Ini

Liputan

Usai Cristiano Ronaldo, Juventus Umumkan Weston McKennie Positif Covid-19

Liputan

Watkins, Titisan Thierry Henry Bikin Liverpool Merana
Timnas U-19 menelan kekalahan melawan Bulgaria dengan skor telak 0-3 pada laga uji coba yang bertajuk International U-19 Friendly Tournament 2020 di Stadion Igraliste NK Polet, Sveti Martin na Mauri, Sabtu (5/9/2020) malam WIB.

Liputan

Timnas U-19 Kalah Telak, Shin Tae-yong: Tim Masih Berproses
Selain mengundi fase grup Liga Champions 2020/21, UEFA juga mengumumkan penghargaan individual untuk musim 2019/20, Kamis (1/10) malam WIB di Swiss.

Liputan

Daftar Pemenang Gelar Individu UEFA 2020: Bayern Munchen Memborong

Liputan

Potensi Tersembunyi Inter Milan Akhirnya Bangkit, Simone Inzaghi Punya Senjata Baru
Hasil Extraodinary Meeting klub Shopee Liga 1 2020 adalah bersepakat untuk melanjutkan kompetisi pada 1 November mendatang.

Liputan

18 Klub Shopee Liga 1 2020 Sepakat Lanjutkan Kompetisi 1 November
Jadwal babak 16 besar Carabao Cup 2020/21 akan menyajikan banyak laga Big Match diantaranya pertandingan Liverpool Vs Arsenal, Tottenham Vs Chelsea.

Liputan

Jadwal Babak 16 Besar Carabao Cup: Ada Liverpool Vs Arsenal