Home / Liputan

Saturday, 6 March 2021 - 11:02 WIB

Toni Kroos Pernah Dicap Nazi Gara-gara Kritik Pengunduran Diri Mezut Ozil

Bintang Real Madrid dan Timnas Jerman Toni Kroos melancarkan kritikan terhadap penyelenggaraan Piala Dunia di Qatar.

Bintang Real Madrid dan Timnas Jerman Toni Kroos melancarkan kritikan terhadap penyelenggaraan Piala Dunia di Qatar.

Bintang Real Madrid, Toni Kroos pernah dikatakan sebagai nazi lantaran mengkritik pengunduran diri Mesut Ozil dari Tim Nasional Jerman. Labelisasi buruk dan berpotensi mengganggu itu dilontarkan oleh sekian banyak akun media sosial.

Setelah pergelaran Piala Dunia 2018 di Rusia, Mesut Ozil mengajukan pengunduran diri kepada manajemen Sepak bola Jerman. Alasan pengunduran diri pemain bernomor punggung sebelas itu sangat menyedihkan: karena menjadi korban rasisme. Ozil diolok-olok karena darah Turki yang mengalir dalam tubuhnya.

Atas pengunduruan diri rekan satu timnya itu, Kroos angkat bicara. Menurut bintang Real Madrid itu, Ozil pantas mendapatkan kepergian yang lebih baik. Semua orang tahu seberapa besarnya seorang Mesut Ozil dan seberapa tinggi dedikasinya untuk Timnas Jerman. Kroos merasa bahwa cara Ozil pensiun sama sekali tidak selayaknya seperti itu.

Baca Juga :  Toni Kroos Kembali Kecam Piala Dunia Qatar, Ini Tiga Alasan Utamanya

Setelah berkomentar tentang kepergian Ozil itu, Kroos mendapat banyak olok-olokan di media sosial. Banyak pengguna media sosial menyebutnya sebagai seorang Nazi. Olok-olokan tersebut muncul lantaran penampilan bintang Real Madrid itu; rambut pirang, mata biru.  

“Setelah Piala Dunia 2018 saya mengatakan bahwa saya tidak suka pensiunnya Mesut Ozil dan cara dia melakukannya. Dan kemudian saya langsung menjadi Nazi bagi banyak orang yaitu berambut pirang, mata biru,” jelasnya dalam Instagram live chat dengan Presiden Jerman Frank-Walter Steinmeier, seperti dikutip dari Media Indonesia.

“Namun saya berhasil mengatasinya. Siapa pun bisa bersembunyi di balik profil palsu dan kemudian menghina orang lain tanpa ada yang bisa menghentikan mereka,” lanjut mantan pemain Bayern Muenchen itu.

Baca Juga :  Hasil UEFA Nations League: Spanyol Bantai Jerman 6-0

Lebih jauh, melansir Media Indonesia, Kroos menegaskan bahwa Ozil salah karena menuduh DFB dan Tim Jerman bersikap rasis. Menurut dia, Ozil adalah pemain internasional yang pantas dan sebagai pemain dia pantas pergi dengan cara yang lebih baik. Cara Ozil mengundurkan diri tidak seharusnya seperti itu.

“Bagian-bagian dalam pernyatannya yang ditangani dengan benar sayangnya dibayangi oleh jumlah omong kosong yang jauh lebih tinggi. Saya pikir dia tahu betul bahwa rasisme di dalam tim nasional dan DFB tidak ada,” tegas Kroos.

Baca juga: Duo Madrid Bertarung, Barcelona Curi Momen

Share :

Baca Juga

Liputan

Arsenal Mau Pinjamkan Beknya ke Klub Championship
Frank de Boer menandai debutnya tangani Timnas Belanda dengan kekalahan 1-0 dari Meksiko di laga uji coba, Kamis (8/10/2020) dini hari WIB.

Liputan

Perdana Tangani Belanda Kalah, De Boer: Kami Tak Bermain Tim Terkuat
Setelah mengikuti International U-19 Friendly Tournament 2020, Timnas U-19 masih menyisihkan empat pertandingan uji coba di Kroasia.

Liputan

Catat Tanggalnya, Jadwal 4 Pertandingan Uji Coba Timnas U-19 di Kroasia

Liputan

Belum Ambil Keputusan, Dzeko Bikin Macet Pergerakan Transfer Juventus dan Napoli

Liputan

Dari Machester City, Di Manakah Sergio Aguero Berlabuh, Barcelona atau PSG?
Everton sukses menang 4-2 kala menjamu Brighton pada pekan keempat Liga Inggris 2020/21. Eks Real Madrid, James Rodriguez mencetak brace.

Liputan

Everton Libas Brighton 4-2, Eks Real Madrid Cetak Brace

Liputan

Jotos lawan, Ini Hukuman Buat Messi

Liputan

RESMI: Barcelona Tunjuk Ronald Koeman Sebagai Pelatih Barunya